Monday, April 21, 2014

Filled Under:

Mengapa Tidak Boleh Terlalu Kagum dengan Orang yang Masih Hidup? Ini Penjelasan Rasulullah SAW

Kagum - ilustrasi
Merupakan tabiat manusia, ia kagum dengan orang lain yang terlihat hebat dan tampak baik. Namun, tahukah Anda, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang mengagumi orang yang masih hidup, terutama jika rasa kagumnya berlebihan. Mengapa demikian? inilah penjelasannya dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

لَا عَلَيْكُمْ أَنْ لَا تَعْجَبُوا بِأَحَدٍ حَتَّى تَنْظُرُوا بِمَ يُخْتَمُ لَهُ فَإِنَّ الْعَامِلَ يَعْمَلُ زَمَانًا مِنْ عُمْرِهِ أَوْ بُرْهَةً مِنْ دَهْرِهِ بِعَمَلٍ صَالِحٍ لَوْ مَاتَ عَلَيْهِ دَخَلَ الْجَنَّةَ ثُمَّ يَتَحَوَّلُ فَيَعْمَلُ عَمَلًا سَيِّئًا وَإِنَّ الْعَبْدَ لَيَعْمَلُ الْبُرْهَةَ مِنْ دَهْرِهِ بِعَمَلٍ سَيِّئٍ لَوْ مَاتَ عَلَيْهِ دَخَلَ النَّارَ ثُمَّ يَتَحَوَّلُ فَيَعْمَلُ عَمَلًا صَالِحًا وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدٍ خَيْرًا اسْتَعْمَلَهُ قَبْلَ مَوْتِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَكَيْفَ يَسْتَعْمِلُهُ قَالَ يُوَفِّقُهُ لِعَمَلٍ صَالِحٍ ثُمَّ يَقْبِضُهُ عَلَيْهِ
"Janganlah kalian merasa kagum dengan seseorang hingga kalian dapat melihat akhir dari amalnya. Sesungguhnya ada seseorang selama beberapa waktu dari umurnya beramal dengan amal kebaikan, yang sekiranya ia meninggal pada saat itu, ia akan masuk ke dalam surga, namun ia berubah dan beramal dengan amal keburukan. 

Dan sungguh, ada seorang hamba selama beberapa waktu dari umurnya beramal dengan amal keburukan, yang sekiranya ia meninggal pada saat itu, ia akan masuk neraka, namun ia berubah dan beramal dengan amal kebaikan. 

Jika Allah menginginkan kebaikan atas seorang hamba maka Ia akan membuatnya beramal sebelum kematiannya." 

Para sahabat bertanya; "Wahai Rasulullah, bagaimana Allah membuatnya beramal?" 

Beliau bersabda: "(Allah) Memberinya taufik untuk beramal kebaikan, setelah itu Dia mewafatkannya." (HR. Ahmad; shahih)

0 comments:

Post a Comment

Copyright @ 2013 INSANI.